KARTU SOAL
UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
PENYUSUN
: MGMP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
TKT.
SMP KOTA KUPANG
A.
PILIHAN GANDA
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari
pribadinya diciptakan sebagai citra Allah tumbuh dan berkembang bersama orang
lain
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
1
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Martabat luhur sebagai citra
Allah
|
RUMUSAN SOAL
Berdasarkan Kitab Kejadian 1:26-27, makna manusia
diciptakan menurut gambar/rupa Allah adalah…..
A.
Manusia istimewa dan dapat mengenal Allah
B.
Manusia sama dengan Allah
C.
Manusia dapat bersaing dengan Allah
D.
Manusia mirip dengan Allah
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan kutipan Kitab Kejadian 1:26-27 peserta didik
mampu menentukan makna manusia sebagai citra Allah
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari
pribadinya diciptakan sebagai citra Allah tumbuh dan berkembang bersama orang
lain
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
2
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Tugas
manusia sebagai citra Allah
|
RUMUSAN SOAL
Salah satu contoh tindakan yang merupakan perwujudan
tugas manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1:28-30 adalah ….
A.
Menguasai alam semesta secara bebas
B.
Beranak cucu dan berkembang biak menurut kehendak bebas
C.
Menguasai alam ciptaan lainnya secara bebas
D.
Melestarikan dan memanfaatkan alam ciptaan secara
bertanggungjawab
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik dapat memberi contoh tindakan sebagai
perwujudan tugas manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1:28-30
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari kemampuan dan
keterbatasan dirinya sehingga terpanggil untuk mensyukurinya
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
3
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Aku Memilki
Kemampuanku
|
RUMUSAN SOAL
“Perumpamaan Tentang Talenta” (Mat. 25: 14-30)
mengandung makna ….
A.
Setiap manusia diberikan kemampuan yang berbeda
B.
Semua manusia sama di hadapan Allah
C.
Semua manusia diberikan kemampuan yang sama
D.
Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik mampu menjelaskan isi perumpamaan tentang
talenta yang terdapat dalam Injil Matius 25:14-20
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari kemampuan dan
keterbatasan dirinya sehingga terpanggil untuk mensyukurinya
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|||
|
4
|
A
|
|||||
|
MATERI POKOK
Aku Memilki
Kemampuanku
|
RUMUSAN SOAL
Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan
talenta adalah .…
A.
Belajar secara terus menerus
B.
Jangan bertanya kepada orang lain
C.
Berani melakukan sesuatu tetapi takut salah
D.
Tidak pernah mencoba sesuatu yang baru
|
|||||
|
INDIKATOR
Peserta didik dapat menentukan usaha yang dapat dilakukan
untuk mengembangkan talenta
|
||||||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari kemampuan dan
keterbatasan dirinya sehingga terpanggil untuk mensyukurinya
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|||
|
5
|
B
|
|||||
|
MATERI POKOK
Kemampuanku Terbatas
|
RUMUSAN SOAL
Contoh tindakan yang benar dalam menghadapi keterbatasan
yaitu ...
A.
Berusaha menyamakan diri dengan orang lain
B.
Menerima diri apa adanya dan tidak putus asa
C.
Tidak mau menerima kekurangan dirinya
D.
Menghalalkan segala cara demi mencapai keinginan
|
|||||
|
INDIKATOR
Disajikan beberapa tindakan positif dan tindakan negatif
dalam menghadapi keterbatasan. Peserta didik dapat menunjukkan
tindakan-tindakn yang benar dalam menghadapi keterbatasan
|
||||||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai
perempuan/laki-laki dan dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam
hidup sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|||
|
6
|
C
|
|||||
|
MATERI POKOK
Perempuan dan laki-laki setara
|
RUMUSAN SOAL
Contoh
perilaku yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesetaraan laki-laki dan
perempuan.yaitu...
A.
Tugas utama laki-laki adalah mencari
nafkah
B.
Pekerjaan di rumah merupakan tanggung
jawab istri/ibu
C.
Menyelesaikan pekerjaan rumah secara
bersama-sama
D.
Perempuan bukanlah seorang pemimpin
|
|||||
|
INDIKATOR
Peserta
didik dapat menyebutkan perilaku yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan
kesetaraan laki-laki dan perempuan
|
||||||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari bahwa pertumbuhan dan
perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan
sesama di sekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerjasama dan menghargai sesame
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
7
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Aku di tengah keluarga
|
RUMUSAN SOAL
Tindakan
yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga adalah ....
A.
Membiarkan orang tua bekerja sendiri
B.
Membantu pekerjaan orangtua
C.
Kebersihan merupakan tanggungjawab
ibu
D.
Jam belajar anak diatur oleh orang
tua
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
gambar anak yang sedang membantu orang tua untuk menyelesaikan pekerjaan
rumah, peserta didik dapat menyebutkan tindakan yang perlu dikembangkan
sebagai wujud kasih dalam keluarga
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun persahabat yang sejati
dengan sesama
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
8
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Persahabatan
|
RUMUSAN SOAL
Ciri-ciri sahabat yang baik menurut Sirakh 6:14-17 ...
A.
Mengutamakan kepentingan diri sendiri
B.
Kebahagian merupakan usaha setiap
orang
C.
Mendukung tindakan teman yang salah
D.
Setia dalam suka dan duka
|
||
|
INDIKATOR
Peserta
didik dapat menyimpulkan ciri sahabat sejati berdasarkan Kitab Sirakh 6:14-17
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun persahabat yang sejati
dengan sesama
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
9
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Persahabatan
|
RUMUSAN SOAL
Ciri-ciri
sahabat yang baik menurut ajaran Yesus menurut Injil Yoh 15:13-15....
A.
Bersikap solider dalam segala hal
B.
Rela berkorban dengan pamrih
C.
Rela berkorban bahkan korban nyawa
demi sahabat-sahabatNya
D.
Berusaha membalas semua kebaikan
orang lain
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
kutipan Injil Yoh 15:13-15, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri sahabat
yang baik menurut ajaran Yesus
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami berbagai sifat dan
sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladai dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
10
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Yesus berbelaskasih
|
RUMUSAN SOAL
Contoh berbelaskasih sesuai dengan
teladan Yesus menurut Injil Lukas 7:11-17 adalah...
A.
Menolong sesama yang dikenal
B.
Membantu karena ada imbalan
C.
Memberi bantuan apabila dibutuhkan
D.
Menolong sesama manusia yang
membutuhkan
|
||
|
INDIKATOR
Peserta
didik dapat memberi contoh berbelaskasih sesuai dengan teladan Yesus
berdasarkan teks Injil Lukas 7:11-17
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami berbagai sifat dan
sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladai dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
11
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Yesus Mengampuni
|
RUMUSAN SOAL
Makna
ajaran Yesus tentang pengampunan sebagaimana tercantum dalam Injil Matius
18:21-35 adalah....
A.
Mengampuni
ada batasnya
B.
Mengampuni
sebanyak tujuh puluh kali
C.
Mengampuni tanpa batas
D.
Mengampuni
supaya diampuni
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
kutipan Injil Matius 18:21-35, peserta didik dapat menjelaskan ajaran Yesus
tentang mengampuni
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami berbagai sifat dan
sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladai dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
12
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Yesus Sang Pendoa
|
RUMUSAN SOAL
Urutan doa yang baik dan benar di
bawah ini adalah ...
A.
Pujian – permohonan – syukur
B.
Pujian – syukur - permohonan
C.
Syukur – pujian – permohonan
D.
Permohonan – syukur – pujian
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
aneka unsur doa. Peserta didik dapat menuliskan urutan unsur doa yang baik
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.1. Memahami makna sengsara, wafat dan
kebangkitan Yesus
sebagai konsekuensi
atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai kerajaan
Allah, sehingga siswa
berani meneladani perjuangan
Yesus dalam hidup sehari-hari.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
||
|
13
|
A
|
||||
|
MATERI POKOK
Sengsara Dan Wafat Yesus
|
RUMUSAN SOAL
Perhatikan gambar di bawah ini !
|
||||
INDIKATOR
Disajikan
gambar Yesus memanggul Salib, peserta didik dapat menjelaskan makna sengsara
dan wafat Yesus bagi hidup manusia dan bagi dirinya sendiri.
|
|||||
|
KOMPETENSI DASAR
2.1. Memahami makna sengsara, wafat dan
kebangkitan Yesus
sebagai konsekuensi
atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai kerajaan
Allah, sehingga siswa
berani meneladani perjuangan
Yesus dalam hidup sehari-hari.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
14
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Kebangkitan Yesus
|
RUMUSAN SOAL
Teks Injil Yoh 20 : 2 – 5
(2) “Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang
dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka : “Tuhan telah diambil orang dari
kubur-Nya dan kami tidak tahu dimana Ia diletakan.”
(3) “Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
(4) “Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari
lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampe ke kubur.”
(5) “Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kafan terletak di tanah,
akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.”
Makna kebangkitan Yesus bagi murid-murid-Nya berdasarkan kutipan di
atas adalah …
A.
Kematian
Yesus merupakan hal yang sia-sia
B.
Kematian
Yesus menuju kehidupan yang baru
C.
Kehidupan fana
menuju kematian abadi
D.
Kedukaan
menuju kebahagiaan
|
||
|
INDIKATOR
Disajiikan
kutipan Injil Yoh 20 : 2 - 5, peserta didik dapat menjelaskan makna
kebangkitan Yesus bagi Murid-murid-Nya.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.2. Memiliki pengetahuan dasar tentang pribadi
Yesus Kristus sehingga
mereka dapat bercermin pada pribadi Yesus Kristus dalam hidup sehari-hari.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
15
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Yesus Sungguh Allah Dan Sungguh
Manusia
|
RUMUSAN SOAL
Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1.
Dilahirkan
dari seorang Ibu
2.
Mengampuni
3.
Mengadakan
mujizat
4.
Dapat
merasa sedih dan letih
5.
Bangkit
dari antara orang mati
6.
Memiliki
nenek moyang
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri ke Allahan Yesus
ditunjukkan pada nomor …
A.
1, 2, 3
B.
4, 5, 6
C.
2, 3, 5
D.
2, 4, 6
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
beberapa pernyataan yang menunjukkan kemanusiaan Yesus danke Allahan Yesus,
peserta didik dapat menyebutkan cirri-ciri ke Allahan Yesus.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.3. Memahami peristiwa
panggilan
dan
pengutusan Yesus kepada
murid-murid-Nya sehingga terdorong untukmengikuti
Yesus dalam hidupnya sehari-hari.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
16
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Tugas Perutusan Murid Yesus
|
RUMUSAN SOAL
Teks Injil Lukas 10 : 3 – 4 :
(3) : “Pergilah sesungguhnya Aku
mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.”
(4) : “Janganlah membawa
pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah member salam kepada siapapun
selama dalam perjalanan.”
Makna menjadi murid Yesus
berdasarkan teks Kitab Suci di atas adalah …
A.
Memilih
tempat untuk berkarya sesuai kemauannya
B.
Membawa
harta kekayaan sebagai bekal perutusan
C.
Membawa
misi perutusan untuk orang tertentu
D.
Bersedia
diutus dan tidak mementingkan harta duniawi
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
kutipan teks Injil Lukas 10 : 3 – 4, peserta didik dapat menyebutkan makna
“Menjadi Murid Yesus”.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.1. Memahami peran Roh Kudus sebagai daya hidup setiap
orang dalam mengembang-kan hidup bersama sebagai murid-murid
Yesus.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
17
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Yesus Mengutus Roh Kudus
|
RUMUSAN SOAL
Dampak kehadiran Roh Kudus dalam peristiwa Pentakosta adalah …
A.
Berani
bersaksi akan Kristus
B.
Berani
bersaksi akan kehidupannya
C.
Bisa
melakukan mujizat
D.
Dapat
mengambil keputusan sendiri
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik
dapat menuliskan daya karya Roh Kudus dalam peristiwa Pentakosta seperti yang
tertuang dalam teks Kis 2 : 1 – 6.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.2.
Memahami gereja sebagai persekutuan murid-murid Yesus yang terdiri atas
rupa-rupa karuania
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
18
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Gereja Sebagai Persekutuan
|
RUMUSAN SOAL
Ciri khas gereja Katolik dalam persekutuan berdasarkan persekutuan
hidup Jemaat Perdana seperti yang tertulis dalam Kis 2 : 41 – 47 adalah …
A.
Kepunyaan
pribadi adalah milik pribadi
B.
Bertekun
dalam pengajaran Para Rasul
C.
Doa dan
ibadah bersama tidak menjadi kewajiban
D.
Hidup
individualisme menjai prioritas
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik
dapat menjelaskan ciri khas gereja sebagai persekutuan berdasarkan Kis 2 : 41
– 47.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.2.
Memahami gereja sebagai persekutuan murid-murid Yesus yang terdiri atas
rupa-rupa karuania
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
||
|
19
|
C
|
||||
|
MATERI POKOK
Keanggotaan Gereja
|
|
||||
INDIKATOR
Disajikan
gambar salah satu bentuk pelayanan dalam Gereja, peserta didik dapat
menyebutkan bidang pelayanan yang sesuai dengan gambar.
|
|||||
|
KOMPETENSI DASAR
2.4 Memahami macam-macam sakramen inisiasi beserta
konsekuensinya dalam hidup menggereja.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
20
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Sakramen Inisiasi (Baptis)
|
RUMUSAN SOAL
Perhatikan pernyataan berikut
ini!
1.
Dibebaskan
dari dosa asal
2.
Dipersatukan
menjadi pasangan suami – istri
3.
Berdamai
kembali dengan Allah
4.
Mengikat
kita lebih sempurna dengan Gereja
Dari pernyataan di atas, rahmat
dari Sakramen Baptis ditunjukkan pada nomor …
A.
4
B.
3
C.
2
D.
1
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik
dapat menyebutkan rahmat dari sakramen baptis.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.4 Memahami macam-macam sakramen inisiasi beserta konsekuensinya
dalam hidup menggereja.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
21
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Sakramen Ekaristi
|
RUMUSAN SOAL
Sikap yang baik yang harus kita lakukan pada saat Imam mengangkat Hosti
dan Anggur (Konsekrasi) adalah sikap …
A.
Duduk
dengan sopan
B.
Berdoa
Rosario
C.
Berlutut
sambil bercerita
D.
Berlutut /
berdiri yang sopan
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik
dapat menyebutkan sikap yang baik dalam mengikuti perayaan Ekaristi.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.4 Memahami macam-macam sakramen inisiasi beserta
konsekuensinya dalam hidup menggereja.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
22
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Sakramen Penguatan
|
RUMUSAN SOAL
“Bersama dengan Pembaptisan dan
Ekaristi, Sakramen Penguatan membentuk “ Sakramen-sakramen Inisiasi Kristen”
yang kesatuannya harus dipertahankan. Jadi perlu dijelaskan kepada umat
beriman bahwa penerimaan penguatan itu perlu, untuk melengkapi rahmat
pembaptisan. “Berkat sakramen penguatan mereka terikat pada Gereja secara
lebih sempurna dan diperkaya dengan daya kekuatan Roh Kudus yang istimewah ;
dengan demikian mereka semakin diwajibkan untuk menyebarluaskan dan membela
iman sebagai saksi Kristus yang sejati dengan perkataan maupun perbuatan.
(Lumen Gentium Artikel 11).
Dari artikel di atas, yang menjadi
rahmat dari sakramen penguatan (Krisma) adalah …
A.
Dibebaskan
dari penderitaan dunia – akhirat
B.
Menjadi
Saksi Kristus dalam perkataan dan perbuatan
C.
Memperoleh
rahmat penyembuhan
D.
Diurapi
menjadi gembala
|
||
|
INDIKATOR
Disajikan
penggalan kutipan Dokumen Konsili Vatikan II tentang Lumen Gentium Artikel 11
alinea I, peserta didik dapat menyebutkan rahmat dari Sakramen Penguatan
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
2.5 Memahami
sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsilidasi (perdamaian) antara
manusia dengan Allah dan manusia dengan sesamanya.
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
23
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Sakramen Tobat
|
RUMUSAN SOAL
Sikap Allah yang Maha Rahim yang
senantiasa mengampuni orang berdosa ditunjukkan dalam perumpamaan tentang
Anak yang hilang, terdapat dalam perikop Kitab Suci …
A.
Lukas 15 :
11 – 32
B.
Yohanes 20
: 21 – 23
C.
Yohanes 8 :
2 – 11
D.
Markus 6 :
12 – 13
|
||
|
INDIKATOR
Peserta didik
mampu menunjukkan teks Kitab Suci yang mengisahkan tentang Kerahiman Allah
kepada manusia yang berdosa berdasarkan teks Kitab Suci Lukas 15 : 11 – 32
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua, yang perlu
ditanggapi dengan beragama dan beriman
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
24
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Allah
mengasihi semua orang
|
RUMUSAN SOAL
“Allah menerbitkan matahari bagi
orang jahat dan baik, dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang
yang tidak benar.” ( Mat, 5:45). Makna ayat ini adalah……
a.
Mengasihi
orang-orang benar
b.
Allah mengasihi orang-orang beriman
c.
Allah mengasihi orang-orang
menderita
d.
Allah mengasihi semua orang
|
||
|
INDIKATOR
Pwserta
mampu menjelaskan isi Mat 5:45, yang menunjukan bahwa Allah mencintai semua
orang.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua, yang perlu
ditanggapi dengan beragama dan beriman
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
25
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Menanggapi kasih Allah
|
RUMUSAN SOAL
Iman
bekerjasama dengan perbuatan dan oleh perbuatan itu iman menjadi sempurna.
Perkataan ini diungkapkan oleh…..
a. St.
Yakobus
b. St.
yohanes
c. St.
Paulus
d. St.
Petrus
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan Iman bekerjasama
dengan perbuatan dan oleh perbuatan itu iman menjadi sempurna
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
arti dan nilai hidup beriman kristiani beserta konsekuensinya, sehingga
berusaha untuk mengembangkan dirinya dalam kebersamaan dengan jemaat
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
26
|
B
|
||
|
MATERI POKOK
Beriman Iman Kristiani
|
RUMUSAN SOAL
Ciri
penghayatan hidup beriman hidup kristiani bersatu dalam kasih, doa, pelayanan
dan kesaksian terdapat dalam Lument Gentium artikel.....
a. Artikel
13
b. Artikel
14
c. Artikel
12
d. Artikel
11
|
||
|
INDIKATOR
Siswa dapat
menjelaskan ciri penghayatan hidup beriman hidup
kristiani bersatu dalam kasih, doa, pelayanan dan kesaksian terdapat dalam
Lument Gentium artikel 14
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
arti dan nilai hidup beriman kristiani beserta konsekuensinya, sehingga
berusaha untuk mengembangkan dirinya dalam kebersamaan dengan jemaat
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
27
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Perjuangan
Pengembangan Iman
|
RUMUSAN SOAL
Faktor penghambat yang paling menonjol
dalam upaya mengembangkan iman remaja dewasa ini adalah….
a.
Tekun mengembangkan bakat
dan minat
b.
Aktif dalam kegiatan kerohanian
c.
Kecendrungan bersantai-santai
d.
Tekun mengikuti les prifat
|
||
|
INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan faktor penghambat
yang paling menonjol dalam upaya mengembangkan iman remaja dewasa
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
arti dan nilai hidup beriman kristiani beserta konsekuensinya, sehingga
berusaha untuk mengembangkan dirinya dalam kebersamaan dengan jemaat
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
28
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Perjuangan pengembangan Iman
|
RUMUSAN SOAL
Kebiasaan
murid Yesus berkumpul dan memecahkan roti, bisa kita wujudkan didalam
keluarga kita dengan cara........
a. Doa
rosario bersama umat
b. Merayahkan
ekaristi pada hari minggu
c. Ibadat
jalan salib
d. Doa
bersama dalam keluarga
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu
menjelaskan cara mewujudkan kebiasaan murid Yesus berkumpul dan memecahkan
roti dalam keluarga.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami menyadari hak dan kewajibannya sebagai orang beriman kristiani
di tengah masyarakat yang dipanggil untuk ikut bertanggung jawab dalam
mengembangkan hidup bersama
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
29
|
A
|
|
|
|
MATERI POKOK
Aku sebagai
warga masyarakat
|
RUMUSAN SOAL
Contoh
perwujuddan kewajiban sebagai umat Allah menurut Kitab Hukum Kanonik No. 211 adalah...
a. Mewartakan
injil
b. Wajib
menjaga ketertiban umum
c. Wajib
membayar pajak
d. Wajib
mentaati peraturan lalu lintas
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan Contoh perwujuddan
kewajiban sebagai umat Allah menurut Kitab Hukum Kanonik No. 211
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami menyadari hak dan kewajibannya sebagai orang beriman kristiani
di tengah masyarakat yang dipanggil untuk ikut bertanggung jawab dalam
mengembangkan hidup bersama
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
30
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Aku Warga
Gereja
|
RUMUSAN SOAL
Perhatikan Teks Injil Matius 22 : 21
Jawab mereka : “Gambar dan tulisan kaisar” Lalu
kata Yesus kepada mereka :
“berikanlah
kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan
kepada
Allah apa yang kamu wajib berikan kepada Allah.
Contoh
tindakan dalam hidup bermasyrakat yang sesuai dengan pesan Yesus
pada
kutipan teks di atas adalah ..........
a. Aksi
bencana alam dan membayar pajak
b. Aksi
puasa pembangunan dan membayar pajak
c. Aksi
puasa pembangunan dan aksi panggilan
d. Aksi
adven pembangunan dan aksi puasa pembangunan
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan
contoh tindakan dalam
hidup
bermasyrakat yang sesuai dengan pesan
Yesus sesuai
kutipan teks Mat 22:21
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan
senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
31
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Menghargai
martabat manusia
|
RUMUSAN SOAL
Menjunjung
tinggi martabat manusia adalah prioritas utama misi Yesus. Salah satu
tindakanNya dilukiskan secara indah dalam kisah……
a.
Lahir di kandang hina disaksikan para
gembala
b.
Mengubah air menjadi anggur dalam pesta di
Kana
c.
Menerima Zakheus apa adanya dan menumpang
di rumahnya
d.
Memilih keduabelas rasul dari kalangan
nelayan
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu
menyebutkan salah satu tindakan Yesus menghaormati martabat manusia.
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan
senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
32
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Menghargai
martabat mansuia
|
RUMUSAN SOAL
Contoh sikap
merendahkan martabat luhur manusia adalah.....
a. Mengerjakan
pekerjaan didalam rumah
b. Menolak
pendapat orang lain
c. Orang
tua menegur anak-anak yang salah
d. Kekerasan
dan penghaniayaan terhadap pekerja wanita
|
||
|
INDIKATOR
Siswa dapat
memberikan Contoh
sikap merendahkan martabat luhur manusia
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan
senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
33
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Membela
Kehidupan
|
RUMUSAN SOAL
Sikap Mudher Theresia dalam menghargai kehidupan sesuai
teladan Yesus adalah....
a.
Menolong teman yang sesama beragama yang sama
b.
Rela berkorban bagi yang seiman
c. Bergaul dengan sesama yang kaya
d.
Berbelaskasih kepada orang kecil dan kaum yang lemah
|
||
|
INDIKATOR
Menjelaskan
Sikap Mudher Theresia dalam menghargai kehidupan sesuai ajaran Yesus
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan
senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
34
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Membela
Kehidupan
|
RUMUSAN SOAL
Salah
satu contoh tindakan melanggar perintah Allah ke 5 adalah....
a. Membunuh
b. Mencuri
c. Berbohong
d. Berkelahi
|
||
|
INDIKATOR
Menelaskan
salah satu contoh tindakan melanggar perintah Allah ke-5
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari perlunya keutuhan alam ciptaan bagi kehidupan
sehingga terdorong untuk menjaga dan melestarikannya
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
35
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Menjega
kelestarian alam ciptaan
|
RUMUSAN SOAL
perhatikan
pernyataan di bawah ini :
1.
Reboisasi
2.
Membakar hutan
3.
Merawat tanaman
4.
Memberikan pupuk pada tanaman
5.
Terasering
Tindakan-tindakan
untuk melastarikan alam adalah......
a. 1,
2, dan 4
b. 2,
3, dan 4
c. 1,3,
dan 5
d. 1,2,
dan 5
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu
menyebutkan tindakan-tindakan untuk melestarikan alam
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari
pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus
diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
36
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Mewujudkan
kejujuran
|
RUMUSAN SOAL
Salah
satu contoh tindakan melanggar perintah Allah ke 8 adalah.....
a. Berkelahi
dengan teman
b. Memfitnah
teman
c. Mencuri
uang orang tua
d. Mengambil
uang saku teman
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu
menyebutkan contoh tindakan melanggar perintah Allah ke-8
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari
pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus
diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
37
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Mewujudkan
keadilan
|
RUMUSAN SOAL
Usaha
yang dilakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
sesuai dengan ajaran gereja adalah....
a. Memperjuangkan
kesejahteraan buruh
b. Membelah
teman yang bersalah
c. Maumenang sendiri dalam berpendapat
d. Kerja
sama dalam ulangan
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu
menjelaskan usaha yang dilakukan mempeerjuangkan keadilan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami
dan menyadari bahwa penganut agama dan kepercayaan lain adalah sesama
saudara, sehingga mereka berani dan mampu bersikap hormat dan bersahabat
dengan mereka dalam hidup sehari-hari dalam ikatan persaudaraan
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
38
|
D
|
||
|
MATERI POKOK
Sikap
Gereja terhadap agama dan kepercayaan lainnya
|
RUMUSAN SOAL
Berdasarkan dokumen Nostra Aetate ,artikel
2, pandangan gereja katolik terhadap agama non Kristiani dan kepercayaan lain
adalah....
a. Menganggap
semua agama itu semua sama saja
b. Meremehkan
agama orang lain
c. Menganggap
agama lain sebagai saingan
d. Menghormati
agama lain sebagai saudara
|
||
|
INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan pandangan gereja
katolik terhadap agama non Kristiani dan kepercayaan lain
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami, menyadari dan menemuan cita-cita/arah hidup sesuai dengan
kehendak Allah, seperti terkandung dalam Sakramen Perkawinan dan sakramen
Imamat sehingga berusaha mempersiapkan diri untuk mencapai cita-cita tersebut
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
39
|
A
|
||
|
MATERI POKOK
Sakramen Perkawinan
|
RUMUSAN SOAL
Perkawinan sebagai sakramen memiliki sifat
yang monogam yang berarti…..
a. Antara
satu pria dan satu wanita
b. Antara
dua wanita dan satu pria
c. Antara
dua pria dan satu wanita
d. Antara
dua wanita dan dua pria
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu
menjelaskan sifat-sifat perkawinan Katolik
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami, menyadari dan menemuan cita-cita/arah hidup sesuai dengan
kehendak Allah, seperti terkandung dalam Sakramen Perkawinan dan sakramen
Imamat sehingga berusaha mempersiapkan diri untuk mencapai cita-cita tersebut
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
PILIHAN
GANDA
|
|
40
|
C
|
||
|
MATERI POKOK
Panggilan
Hidup sebagai Imam
|
RUMUSAN SOAL
syarat-syarat untuk
menjadi seorang imam, adlah...
a. menyelesaikan
serjana umum
b. berasal
dari keluarga kaya
c. hidup selibat
d. harus
mendapatkan gelar Serjana Agama
|
||
|
INDIKATOR
Siswa dapat
menjelaskan syarat-syarat menjadi imam
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai perempuan/laki-laki dan
dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam hidup sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
Uraian
|
|
41
|
|
||
|
MATERI POKOK
Perempuan
ddan laki-laki sederajad
|
RUMUSAN SOAL
Perhatikan teks berikut!
Katekismus
Gereja Katolik Artikel 369 :
Pria dan wanita diciptakan, artinya
dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna di satu pihak sebagai pribadi
manusia dan di lain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. “Kepriaan” dan
“Kewanitaan” adalah sesuatu yang baik dan dikehendaki Allah: keduanya, pria
dan wanita, memiliki martabat yang tidak dapat hilang, yang diberi kepada
mereka langsung oleh Allah, Penciptanya. Keduanya, pria dan wanita,
bermartabat sama “menurut citra Allah”. Dalam kepriaan dan kewanitaannya
mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaikan Pencipta.
Jelaskan kesetaraan laki-laki dan
perempuan berdasarkan artikel di atas!
Jawab
-
Pria dan wanita
memiliki martabat yang tidak dapat hilang
-
Memiliki
kesempurnaan sebagai pribadi
-
Laki-laki dan
perempuan memiliki martabat yang sama di mata Allah
-
Mencerminkan
kebaikan dan kebijaksanaan Pencipta
|
||
|
INDIKATOR
Jelaskan kesetaraan laki-laki dan perempuan
berdasarkan Katekismus art.369
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat
manusia, dengan senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara
bertanggung jawab
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
Uraian
|
|
42
|
|
||
|
MATERI POKOK
Membela
kehidupan
|
RUMUSAN SOAL
41.Sebutkan
3 cara yang dapat dilakukan untuk menghargai hidup?
Jawab
:
Ø Makan teratur
Ø Menjaga pola makan/hidup
Ø Tidak boros
Ø Menjaga kesehatan
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan cara
yang dapat dilakukan untuk menghargai hidup?
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Menyadari pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur
yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
Uraian
|
|
43
|
|
||
|
MATERI POKOK
Mewujudkan
kejujuran
|
RUMUSAN SOAL
perhatikan kutipan berikut
“ jika ya, hendalah kamu katakan ya,
jika tidak hendaklah kamu katakan tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal
dari si jahat ” (Mat 5:37)
Sebutkan dua usaha yang harus
dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
berdasarkan kutipan di atas.
1.
selalu mengatakan
apa adanya
2.
menolak korupsi
3.
tidak berbohong
4.
berkata sesuai
dengan realitas
5.
dll, jawaban dapat
dikembangkat
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan usaha-usaha yang dilakukan
untuk memperjuangkan kejujuran
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami dan nebyadari bahwa penganut agama lain dan kepercayaan lain
adalah sesama saudara, sehingga mereka berani dan mampu bersikap hormat dan
bersahabat dengan mereka dalam hidup sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
Uraian
|
|
44
|
|
||
|
MATERI POKOK
Sikap
Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
|
RUMUSAN SOAL
Yanto seorang siswa baru, yang
beragama Islam dan bersekolah di Sekolah Katolik. Pada hari jumad pertama,
ketika perayaan Ekaristi, teman-teman yang beragama Katolik menerima Komuni
Kudus. Yanto juga turut serta menerima Komuni kudus. Melihat kejadian itu,
salah seorang teman yang benama Agustinus menegur Yanto dan Yanto yidak
terima baik dan terjadilah perselisihan. Solusi yang tepat untuk menangani
hal ini adalah ...
Jawab
1.
Anak yang
bersangkutan dipanggil dan diberi pemahaman bahwa komuni kudus hanya
diperuntukan bagi orang katolik yang telah menyiapkan diri secara baik.
2.
Yanto dan Agustinus
harus diberi pemahaman akan pentingnya saling menghargai antar umat beragama.
3.
Senantiasa
mengingatkan kepada seluruh sisiwa khususnya siswa baru yang bukan beragama
Katolik tentang tata perayaan Ekaristi.
4.
Guru Agama harus
selalu memberikan pemahaman kepada semua siswa tentang makna dari Sakramen
ekaristi bagi umat Katolik.
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan usaha-usaha yang dilakukan
untuk memupuk persaudaraan dengan sesama yang beragama lain
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR
Memahami dan nebyadari bahwa penganut agama lain dan kepercayaan lain
adalah sesama saudara, sehingga mereka berani dan mampu bersikap hormat dan
bersahabat dengan mereka dalam hidup sehari-hari
|
NOMOR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BENTUK SOAL
Uraian
|
|
45
|
|
||
|
MATERI POKOK
Sikap
Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
|
RUMUSAN SOAL
Unitaris
Redintegratio, Art 1(dalam hubungan dengan gereja lain)
“ Tidak sedikit pula upacar-upacara agama
Kristen yang diselenggarakan oleh saudara saudari yang tercerai dari kita.
Upacara-upcara itu dengan berbagai cara dan menurut bermacam ragam situasi
masing-masing gereja dan jemaat sudah jelas memang dapat menyalurkan hidup
rahmat yang sesungguhnya, dan harus diakui dapat membuka pintu memeasuki
persekutuan keselamatan”.
Sebutkan
paling kurang tiga sikap gereja Katolik terhadap gereja Kristen menurut
Dokumen tersebut di atas berkaitan dengan gerakan Ekumenis untuk mendukung
kesatuan umat Kristen.
1.
Pertemuan-pertemuan
umat Kristen dari berbagai gereja atau jemaat, yang diselenggarakan dalam
suasana Religius.
2.
Dialog antar para
pakar yang kaya informasi, yang memberi ruang kepada setiap peserta untuk
secara lebih mendalam menguraikan ajaran persekutuannya dan dengan jelas
menyajikan corak cirinya.
3.
Menggalang kerja
sama yang lebih luas lingkupnya dalam aneka usaha demi kesejahteraan umum
menurut tuntutan suara hati Kristen.
4.
Dll, jawaban dapat
di kembangkan
|
||
|
INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
berdasarkan Unitaris Redintegratio, Art 1(dalam
hubungan dengan gereja lain)
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar