Selasa, 18 April 2017

USBN Agama Katolik SMP 2017 Kota Kupang

    KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
MATA PELAJARAN    :  PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN :  2016/2017
PENYUSUN                  :  MGMP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
                                          TKT. SMP KOTA KUPANG
A.    PILIHAN GANDA

KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari pribadinya diciptakan sebagai citra Allah tumbuh dan berkembang bersama orang lain

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
1
A
MATERI POKOK

Martabat luhur sebagai citra Allah

RUMUSAN SOAL
Berdasarkan Kitab Kejadian 1:26-27, makna manusia diciptakan menurut gambar/rupa Allah adalah…..
A.      Manusia istimewa dan dapat mengenal Allah
B.      Manusia sama dengan Allah
C.      Manusia dapat bersaing dengan Allah
D.     Manusia mirip dengan Allah
INDIKATOR
Disajikan kutipan Kitab Kejadian 1:26-27 peserta didik mampu menentukan makna manusia sebagai citra Allah


KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari pribadinya diciptakan sebagai citra Allah tumbuh dan berkembang bersama orang lain


NOMOR SOAL


KUNCI JAWABAN


BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
2
D
MATERI POKOK
Tugas manusia sebagai citra Allah


RUMUSAN SOAL
Salah satu contoh tindakan yang merupakan perwujudan tugas manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1:28-30 adalah ….
A.      Menguasai alam semesta secara bebas
B.      Beranak cucu dan berkembang biak menurut kehendak bebas
C.      Menguasai alam ciptaan lainnya secara bebas
D.     Melestarikan dan memanfaatkan alam ciptaan secara bertanggungjawab
INDIKATOR
Peserta didik dapat memberi contoh tindakan sebagai perwujudan tugas manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1:28-30


KOMPETENSI DASAR
Menyadari kemampuan dan keterbatasan dirinya sehingga terpanggil untuk mensyukurinya
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
3
B
MATERI POKOK
Aku Memilki Kemampuanku

RUMUSAN SOAL
“Perumpamaan Tentang Talenta” (Mat. 25: 14-30) mengandung makna ….
A.      Setiap manusia diberikan kemampuan yang berbeda
B.      Semua manusia sama di hadapan Allah
C.      Semua manusia diberikan kemampuan yang sama
D.     Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan
INDIKATOR
Peserta didik mampu menjelaskan isi perumpamaan tentang talenta yang terdapat dalam Injil Matius 25:14-20



KOMPETENSI DASAR
Menyadari kemampuan dan keterbatasan dirinya sehingga terpanggil untuk mensyukurinya
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
4
A
MATERI POKOK
Aku Memilki Kemampuanku

RUMUSAN SOAL
Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan talenta adalah  .
A.      Belajar secara terus menerus
B.      Jangan bertanya kepada orang lain
C.      Berani melakukan sesuatu tetapi takut salah
D.     Tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

INDIKATOR
Peserta didik dapat menentukan usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan talenta

KOMPETENSI DASAR
Menyadari kemampuan dan keterbatasan dirinya sehingga terpanggil untuk mensyukurinya
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
5
B
MATERI POKOK
Kemampuanku Terbatas

RUMUSAN SOAL
Contoh tindakan yang benar dalam menghadapi keterbatasan yaitu ...
A.      Berusaha menyamakan diri dengan orang lain
B.      Menerima diri apa adanya dan tidak putus asa
C.      Tidak mau menerima kekurangan dirinya
D.     Menghalalkan segala cara demi mencapai keinginan
INDIKATOR
Disajikan beberapa tindakan positif dan tindakan negatif dalam menghadapi keterbatasan. Peserta didik dapat menunjukkan tindakan-tindakn yang benar dalam menghadapi keterbatasan

KOMPETENSI DASAR
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai perempuan/laki-laki dan dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam hidup sehari-hari
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
6
C
MATERI POKOK
Perempuan dan laki-laki setara

RUMUSAN SOAL
Contoh perilaku yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.yaitu...
A.      Tugas utama laki-laki adalah mencari nafkah
B.      Pekerjaan di rumah merupakan tanggung jawab istri/ibu
C.      Menyelesaikan pekerjaan rumah secara bersama-sama
D.     Perempuan bukanlah seorang pemimpin


INDIKATOR
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesetaraan laki-laki dan perempuan



KOMPETENSI DASAR
Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesama di sekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerjasama dan menghargai sesame
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
7
B
MATERI POKOK
Aku di tengah keluarga

RUMUSAN SOAL
Tindakan yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga adalah ....
A.      Membiarkan orang tua bekerja sendiri
B.      Membantu pekerjaan orangtua
C.      Kebersihan merupakan tanggungjawab ibu
D.     Jam belajar anak diatur oleh orang tua

INDIKATOR
Disajikan gambar anak yang sedang membantu orang tua untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, peserta didik dapat menyebutkan tindakan yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga


KOMPETENSI DASAR
Memahami arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun persahabat yang sejati dengan sesama
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
8
D
MATERI POKOK
Persahabatan


RUMUSAN SOAL
Ciri-ciri sahabat yang baik menurut Sirakh 6:14-17 ...
A.      Mengutamakan kepentingan diri sendiri
B.      Kebahagian merupakan usaha setiap orang
C.      Mendukung tindakan teman yang salah
D.     Setia dalam suka dan duka
INDIKATOR
Peserta didik dapat menyimpulkan ciri sahabat sejati berdasarkan Kitab Sirakh 6:14-17

KOMPETENSI DASAR
Memahami arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun persahabat yang sejati dengan sesama
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
9
C
MATERI POKOK
Persahabatan

RUMUSAN SOAL
Ciri-ciri sahabat yang baik menurut ajaran Yesus menurut Injil Yoh 15:13-15....
A.      Bersikap solider dalam segala hal
B.      Rela berkorban dengan pamrih
C.      Rela berkorban bahkan korban nyawa demi sahabat-sahabatNya
D.     Berusaha membalas semua kebaikan orang lain
INDIKATOR
Disajikan kutipan Injil Yoh 15:13-15, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri sahabat yang baik menurut ajaran Yesus


KOMPETENSI DASAR
Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladai dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
10
D
MATERI POKOK
Yesus berbelaskasih
RUMUSAN SOAL
Contoh berbelaskasih sesuai dengan teladan Yesus menurut Injil Lukas 7:11-17 adalah...
A.      Menolong sesama yang dikenal
B.      Membantu karena ada imbalan
C.      Memberi bantuan apabila dibutuhkan
D.     Menolong sesama manusia yang membutuhkan
INDIKATOR
Peserta didik dapat memberi contoh berbelaskasih sesuai dengan teladan Yesus berdasarkan teks Injil Lukas 7:11-17

KOMPETENSI DASAR
Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladai dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
11
C
MATERI POKOK

Yesus Mengampuni

RUMUSAN SOAL
Makna ajaran Yesus tentang pengampunan sebagaimana tercantum dalam Injil Matius 18:21-35 adalah....
A.      Mengampuni ada batasnya
B.      Mengampuni sebanyak tujuh puluh kali
C.      Mengampuni tanpa batas
D.     Mengampuni supaya diampuni

INDIKATOR
Disajikan kutipan Injil Matius 18:21-35, peserta didik dapat menjelaskan ajaran Yesus tentang mengampuni

KOMPETENSI DASAR
Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladai dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
12
B
MATERI POKOK


Yesus Sang Pendoa


RUMUSAN SOAL
Urutan doa yang baik dan benar di bawah ini adalah ...
A.      Pujian – permohonan – syukur
B.      Pujian – syukur - permohonan
C.      Syukur – pujian – permohonan
D.     Permohonan – syukur – pujian
INDIKATOR
Disajikan aneka unsur doa. Peserta didik dapat menuliskan urutan unsur doa yang baik




KOMPETENSI DASAR

2.1. Memahami makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai kerajaan Allah, sehingga siswa berani meneladani perjuangan Yesus dalam hidup sehari-hari.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
13
A
MATERI POKOK
Sengsara Dan Wafat Yesus


RUMUSAN SOAL
Perhatikan gambar di bawah ini !
Berdasarkan gambar tersebut, makna sengsara dan wafat Yesus bagi hidup manusia adalah …
A.      Menyelamatkan manusia dari dosa dan maut
B.      Mencari pengikut sebanyak-banyaknya
C.      Menunjukan popularitas dirinya kepada manusia
D.      Menyelamatkan manusia dari penderitaan
 












INDIKATOR
Disajikan gambar Yesus memanggul Salib, peserta didik dapat menjelaskan makna sengsara dan wafat Yesus bagi hidup manusia dan bagi dirinya sendiri.




KOMPETENSI DASAR

2.1. Memahami makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai kerajaan Allah, sehingga siswa berani meneladani perjuangan Yesus dalam hidup sehari-hari.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
14
B
MATERI POKOK
Kebangkitan Yesus


RUMUSAN SOAL

Teks Injil Yoh 20 : 2 – 5
(2) “Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka : “Tuhan telah diambil orang dari kubur-Nya dan kami tidak tahu dimana Ia diletakan.”
(3) “Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
(4) “Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampe ke kubur.”
(5) “Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kafan terletak di tanah, akan tetapi  ia tidak masuk ke dalam.”
Makna kebangkitan Yesus bagi murid-murid-Nya berdasarkan kutipan di atas adalah …
A.      Kematian Yesus merupakan hal yang sia-sia
B.      Kematian Yesus menuju kehidupan yang baru
C.      Kehidupan fana menuju kematian abadi
D.     Kedukaan menuju kebahagiaan

INDIKATOR
Disajiikan kutipan Injil Yoh 20 : 2 - 5, peserta didik dapat menjelaskan makna kebangkitan Yesus bagi Murid-murid-Nya.


KOMPETENSI DASAR

2.2. Memiliki pengetahuan dasar tentang pribadi Yesus Kristus sehingga mereka dapat bercermin pada pribadi Yesus Kristus dalam hidup sehari-hari.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
15
C
MATERI POKOK
Yesus Sungguh Allah Dan Sungguh Manusia


RUMUSAN SOAL

Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1.      Dilahirkan dari seorang Ibu
2.      Mengampuni
3.      Mengadakan mujizat
4.      Dapat merasa sedih dan letih
5.      Bangkit dari antara orang mati
6.      Memiliki nenek moyang
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri ke Allahan Yesus ditunjukkan pada nomor …
A.      1, 2, 3
B.      4, 5, 6
C.      2, 3, 5
D.     2, 4, 6



INDIKATOR
Disajikan beberapa pernyataan yang menunjukkan kemanusiaan Yesus danke Allahan Yesus, peserta didik dapat menyebutkan cirri-ciri ke Allahan Yesus.

KOMPETENSI DASAR

2.3. Memahami peristiwa panggilan dan
pengutusan Yesus kepada murid-murid-Nya sehingga terdorong untukmengikuti Yesus dalam hidupnya sehari-hari.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
16
D
MATERI POKOK
Tugas Perutusan Murid Yesus


RUMUSAN SOAL

Teks Injil Lukas 10 : 3 – 4 :
(3) : “Pergilah sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.”
(4) : “Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah member salam kepada siapapun selama dalam perjalanan.”
Makna menjadi murid Yesus berdasarkan teks Kitab Suci di atas adalah …
A.      Memilih tempat untuk berkarya sesuai kemauannya
B.      Membawa harta kekayaan sebagai bekal perutusan
C.      Membawa misi perutusan untuk orang tertentu
D.     Bersedia diutus dan tidak mementingkan harta duniawi





INDIKATOR
Disajikan kutipan teks Injil Lukas 10 : 3 – 4, peserta didik dapat menyebutkan makna “Menjadi Murid Yesus”.


KOMPETENSI DASAR

2.1. Memahami peran Roh Kudus sebagai daya hidup setiap orang dalam mengembang-kan hidup bersama sebagai murid-murid Yesus.

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
17
A
MATERI POKOK
Yesus Mengutus Roh Kudus

RUMUSAN SOAL

Dampak kehadiran Roh Kudus dalam peristiwa Pentakosta adalah …
A.      Berani bersaksi akan Kristus
B.      Berani bersaksi akan kehidupannya
C.      Bisa melakukan mujizat
D.     Dapat mengambil keputusan sendiri





INDIKATOR
Peserta didik dapat menuliskan daya karya Roh Kudus dalam peristiwa Pentakosta seperti yang tertuang dalam teks Kis 2 : 1 – 6.

KOMPETENSI DASAR

2.2. Memahami gereja sebagai persekutuan murid-murid Yesus yang terdiri atas rupa-rupa karuania
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
18
B
MATERI POKOK
Gereja Sebagai Persekutuan

RUMUSAN SOAL

Ciri khas gereja Katolik dalam persekutuan berdasarkan persekutuan hidup Jemaat Perdana seperti yang tertulis dalam Kis 2 : 41 – 47 adalah …
A.      Kepunyaan pribadi adalah milik pribadi
B.      Bertekun dalam pengajaran Para Rasul
C.      Doa dan ibadah bersama tidak menjadi kewajiban
D.     Hidup individualisme menjai prioritas

INDIKATOR
Peserta didik dapat menjelaskan ciri khas gereja sebagai persekutuan berdasarkan Kis 2 : 41 – 47.




KOMPETENSI DASAR

2.2. Memahami gereja sebagai persekutuan murid-murid Yesus yang terdiri atas rupa-rupa karuania
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
19
C
MATERI POKOK
Keanggotaan Gereja

RUMUSAN SOAL

Berdasarkan gambar di samping, bidang pelayanan yang sesuai dengan gambar adalah …
A.      Kaum Awam
B.      Biarawan – Biarawati
C.      Kaum Terthabis
D.      Kaum Religius

 


INDIKATOR
Disajikan gambar salah satu bentuk pelayanan dalam Gereja, peserta didik dapat menyebutkan bidang pelayanan yang sesuai dengan gambar.

KOMPETENSI DASAR

2.4 Memahami macam-macam sakramen inisiasi beserta konsekuensinya dalam hidup menggereja.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
20
D
MATERI POKOK
Sakramen Inisiasi (Baptis)

RUMUSAN SOAL
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.      Dibebaskan dari dosa asal
2.      Dipersatukan menjadi pasangan suami – istri
3.      Berdamai kembali dengan Allah
4.      Mengikat kita lebih sempurna dengan Gereja
Dari pernyataan di atas, rahmat dari Sakramen Baptis ditunjukkan pada nomor …
A.      4
B.      3
C.      2
D.     1




INDIKATOR
Peserta didik dapat menyebutkan rahmat dari sakramen baptis.

KOMPETENSI DASAR

2.4 Memahami macam-macam sakramen inisiasi beserta konsekuensinya dalam hidup menggereja.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
21
D
MATERI POKOK
Sakramen Ekaristi

RUMUSAN SOAL

Sikap yang baik yang harus kita lakukan pada saat Imam mengangkat Hosti dan Anggur (Konsekrasi) adalah sikap …
A.      Duduk dengan sopan
B.      Berdoa Rosario
C.      Berlutut sambil bercerita
D.     Berlutut / berdiri yang sopan
INDIKATOR
Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang baik dalam mengikuti perayaan Ekaristi.


KOMPETENSI DASAR

2.4 Memahami macam-macam sakramen inisiasi beserta konsekuensinya dalam hidup menggereja.
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
22
B
MATERI POKOK
Sakramen Penguatan

RUMUSAN SOAL
“Bersama dengan Pembaptisan dan Ekaristi, Sakramen Penguatan membentuk “ Sakramen-sakramen Inisiasi Kristen” yang kesatuannya harus dipertahankan. Jadi perlu dijelaskan kepada umat beriman bahwa penerimaan penguatan itu perlu, untuk melengkapi rahmat pembaptisan. “Berkat sakramen penguatan mereka terikat pada Gereja secara lebih sempurna dan diperkaya dengan daya kekuatan Roh Kudus yang istimewah ; dengan demikian mereka semakin diwajibkan untuk menyebarluaskan dan membela iman sebagai saksi Kristus yang sejati dengan perkataan maupun perbuatan. (Lumen Gentium Artikel 11).
Dari artikel di atas, yang menjadi rahmat dari sakramen penguatan (Krisma) adalah …
A.      Dibebaskan dari penderitaan dunia – akhirat
B.      Menjadi Saksi Kristus dalam perkataan dan perbuatan
C.      Memperoleh rahmat penyembuhan
D.     Diurapi menjadi gembala
INDIKATOR
Disajikan penggalan kutipan Dokumen Konsili Vatikan II tentang Lumen Gentium Artikel 11 alinea I, peserta didik dapat menyebutkan rahmat dari Sakramen Penguatan




KOMPETENSI DASAR

2.5 Memahami sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsilidasi (perdamaian) antara manusia dengan Allah dan manusia dengan sesamanya.

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
23
A
MATERI POKOK
Sakramen Tobat

RUMUSAN SOAL


 Sikap Allah yang Maha Rahim yang senantiasa mengampuni orang berdosa ditunjukkan dalam perumpamaan tentang Anak yang hilang, terdapat dalam perikop Kitab Suci …
A.      Lukas 15 : 11 – 32
B.      Yohanes 20 : 21 – 23
C.      Yohanes 8 : 2 – 11
D.     Markus 6 : 12 – 13 
INDIKATOR
Peserta didik mampu menunjukkan teks Kitab Suci yang mengisahkan tentang Kerahiman Allah kepada manusia yang berdosa berdasarkan teks Kitab Suci Lukas 15 : 11 – 32

KOMPETENSI DASAR
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman


NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
24
D
MATERI POKOK
Allah mengasihi semua orang

RUMUSAN SOAL

“Allah menerbitkan matahari bagi orang jahat dan baik, dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.” ( Mat, 5:45). Makna ayat ini adalah……
a.    Mengasihi orang-orang benar
b.   Allah mengasihi orang-orang beriman
c.    Allah mengasihi orang-orang menderita
d.   Allah mengasihi semua orang


INDIKATOR
Pwserta mampu menjelaskan isi Mat 5:45, yang menunjukan bahwa Allah mencintai semua orang.


KOMPETENSI DASAR
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman


NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
25
A
MATERI POKOK
Menanggapi kasih Allah
RUMUSAN SOAL

Iman bekerjasama dengan perbuatan dan oleh perbuatan itu iman menjadi sempurna. Perkataan ini diungkapkan oleh…..
a.    St. Yakobus         
b.    St. yohanes     
c.    St. Paulus
d.    St. Petrus



INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan Iman bekerjasama dengan perbuatan dan oleh perbuatan itu iman menjadi sempurna

KOMPETENSI DASAR
Memahami arti dan nilai hidup beriman kristiani beserta konsekuensinya, sehingga berusaha untuk mengembangkan dirinya dalam kebersamaan dengan jemaat
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
26
B
MATERI POKOK

Beriman Iman Kristiani
RUMUSAN SOAL


Ciri penghayatan hidup beriman hidup kristiani bersatu dalam kasih, doa, pelayanan dan kesaksian terdapat dalam Lument Gentium artikel.....
a.    Artikel 13
b.    Artikel 14
c.    Artikel 12
d.    Artikel 11



INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan ciri penghayatan hidup beriman hidup kristiani bersatu dalam kasih, doa, pelayanan dan kesaksian terdapat dalam Lument Gentium artikel 14

KOMPETENSI DASAR

Memahami arti dan nilai hidup beriman kristiani beserta konsekuensinya, sehingga berusaha untuk mengembangkan dirinya dalam kebersamaan dengan jemaat
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
27
C
MATERI POKOK
Perjuangan Pengembangan Iman
RUMUSAN SOAL

Faktor penghambat yang paling menonjol dalam upaya mengembangkan iman remaja dewasa ini adalah….
a.            Tekun mengembangkan bakat dan minat
b.            Aktif dalam kegiatan kerohanian
c.            Kecendrungan bersantai-santai
d.            Tekun mengikuti les prifat
INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan faktor penghambat yang paling menonjol dalam upaya mengembangkan iman remaja dewasa

KOMPETENSI DASAR

Memahami arti dan nilai hidup beriman kristiani beserta konsekuensinya, sehingga berusaha untuk mengembangkan dirinya dalam kebersamaan dengan jemaat
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
28
D
MATERI POKOK

Perjuangan pengembangan Iman
RUMUSAN SOAL

Kebiasaan murid Yesus berkumpul dan memecahkan roti, bisa kita wujudkan didalam keluarga kita dengan cara........
a.    Doa rosario bersama umat
b.    Merayahkan ekaristi pada hari minggu
c.    Ibadat jalan salib
d.    Doa bersama dalam keluarga



INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan cara mewujudkan kebiasaan murid Yesus berkumpul dan memecahkan roti dalam keluarga.

KOMPETENSI DASAR
Memahami menyadari hak dan kewajibannya sebagai orang beriman kristiani di tengah masyarakat yang dipanggil untuk ikut bertanggung jawab dalam mengembangkan hidup bersama


NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
29
A

MATERI POKOK
Aku sebagai warga masyarakat

RUMUSAN SOAL
Contoh perwujuddan kewajiban sebagai umat Allah menurut Kitab Hukum Kanonik No. 211 adalah...
a.    Mewartakan injil
b.    Wajib menjaga ketertiban umum
c.    Wajib membayar pajak
d.    Wajib mentaati peraturan lalu lintas
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan Contoh perwujuddan kewajiban sebagai umat Allah menurut Kitab Hukum Kanonik No. 211

KOMPETENSI DASAR

Memahami menyadari hak dan kewajibannya sebagai orang beriman kristiani di tengah masyarakat yang dipanggil untuk ikut bertanggung jawab dalam mengembangkan hidup bersama
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
30
C
MATERI POKOK
Aku Warga Gereja
RUMUSAN SOAL

Perhatikan Teks  Injil Matius 22 : 21
Jawab mereka : “Gambar dan tulisan kaisar” Lalu kata Yesus kepada mereka :
“berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan
kepada Allah apa yang kamu wajib berikan kepada Allah.
Contoh tindakan dalam hidup bermasyrakat yang sesuai dengan pesan Yesus
pada kutipan teks di atas adalah ..........
a.    Aksi bencana alam dan membayar pajak
b.    Aksi puasa pembangunan dan membayar pajak
c.    Aksi puasa pembangunan dan aksi panggilan
d.    Aksi adven pembangunan dan aksi puasa pembangunan
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan contoh tindakan dalam
hidup bermasyrakat yang sesuai dengan pesan
Yesus sesuai kutipan teks Mat 22:21

KOMPETENSI DASAR

Memahami dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
31
C
MATERI POKOK
Menghargai martabat manusia

RUMUSAN SOAL
Menjunjung tinggi martabat manusia adalah prioritas utama misi Yesus. Salah satu tindakanNya dilukiskan secara indah dalam kisah……
a.            Lahir di kandang hina disaksikan para gembala
b.            Mengubah air menjadi anggur dalam pesta di Kana
c.             Menerima Zakheus apa adanya dan menumpang di rumahnya
d.            Memilih keduabelas rasul dari kalangan nelayan
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan salah satu tindakan Yesus menghaormati martabat manusia.

KOMPETENSI DASAR

Memahami dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab


NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
32
D
MATERI POKOK

Menghargai martabat mansuia
RUMUSAN SOAL

Contoh sikap merendahkan martabat luhur manusia adalah.....
a.    Mengerjakan pekerjaan didalam rumah
b.    Menolak pendapat orang lain
c.    Orang tua menegur anak-anak yang salah
d.    Kekerasan dan penghaniayaan terhadap pekerja wanita




INDIKATOR
Siswa dapat memberikan Contoh sikap merendahkan martabat luhur manusia

KOMPETENSI DASAR

Memahami dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
33
D
MATERI POKOK

Membela Kehidupan
RUMUSAN SOAL

Sikap Mudher  Theresia dalam menghargai kehidupan sesuai teladan Yesus adalah....
a. Menolong teman yang sesama beragama yang sama
b. Rela berkorban bagi yang seiman
c.  Bergaul dengan sesama yang kaya
d. Berbelaskasih kepada orang kecil dan kaum yang lemah



INDIKATOR
Menjelaskan Sikap Mudher Theresia dalam menghargai kehidupan sesuai ajaran Yesus

KOMPETENSI DASAR

Memahami dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
34
A
MATERI POKOK
Membela Kehidupan

RUMUSAN SOAL

Salah satu contoh tindakan melanggar perintah Allah ke 5 adalah....
a.    Membunuh
b.    Mencuri
c.    Berbohong
d.    Berkelahi
INDIKATOR
Menelaskan salah satu contoh tindakan melanggar perintah Allah ke-5

KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari perlunya keutuhan alam ciptaan bagi kehidupan sehingga terdorong untuk menjaga dan melestarikannya
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
35
C
MATERI POKOK

Menjega kelestarian alam ciptaan
RUMUSAN SOAL
perhatikan pernyataan di bawah ini :
1.   Reboisasi
2.   Membakar hutan
3.   Merawat tanaman
4.   Memberikan pupuk pada tanaman
5.   Terasering

Tindakan-tindakan untuk melastarikan alam adalah......
a.    1, 2, dan 4
b.    2, 3, dan 4
c.    1,3, dan 5
d.    1,2, dan 5
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan tindakan-tindakan untuk melestarikan alam

KOMPETENSI DASAR

Menyadari pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
36
C
MATERI POKOK
Mewujudkan kejujuran
RUMUSAN SOAL

Salah satu contoh tindakan melanggar perintah Allah ke 8 adalah.....
a.    Berkelahi dengan teman
b.    Memfitnah teman
c.    Mencuri uang orang tua
d.    Mengambil uang saku teman
INDIKATOR
Siswa mampu menyebutkan contoh tindakan melanggar perintah Allah ke-8

KOMPETENSI DASAR

Menyadari pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari


NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
37
A
MATERI POKOK
Mewujudkan keadilan

RUMUSAN SOAL
Usaha yang dilakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran gereja adalah....
a.    Memperjuangkan kesejahteraan buruh
b.    Membelah teman yang bersalah
c.    Maumenang  sendiri dalam berpendapat
d.    Kerja sama dalam ulangan



INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan usaha yang dilakukan mempeerjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari

KOMPETENSI DASAR

Memahami dan menyadari bahwa penganut agama dan kepercayaan lain adalah sesama saudara, sehingga mereka berani dan mampu bersikap hormat dan bersahabat dengan mereka dalam hidup sehari-hari dalam ikatan persaudaraan

NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
38
D
MATERI POKOK
Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lainnya

RUMUSAN SOAL

Berdasarkan dokumen Nostra Aetate ,artikel 2, pandangan gereja katolik terhadap agama non Kristiani dan kepercayaan lain adalah....
a.    Menganggap semua agama itu semua sama saja
b.    Meremehkan agama orang lain
c.    Menganggap agama lain sebagai saingan
d.    Menghormati agama lain sebagai saudara


INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan pandangan gereja katolik terhadap agama non Kristiani dan kepercayaan lain

KOMPETENSI DASAR
Memahami, menyadari dan menemuan cita-cita/arah hidup sesuai dengan kehendak Allah, seperti terkandung dalam Sakramen Perkawinan dan sakramen Imamat sehingga berusaha mempersiapkan diri untuk mencapai cita-cita tersebut
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
39
A
MATERI POKOK
Sakramen Perkawinan

RUMUSAN SOAL

Perkawinan sebagai sakramen memiliki sifat yang monogam yang berarti…..
a.  Antara satu pria dan satu wanita
b.  Antara dua wanita dan satu pria
c.   Antara dua pria dan satu wanita
d.  Antara dua wanita dan dua pria


INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan sifat-sifat perkawinan Katolik

KOMPETENSI DASAR
Memahami, menyadari dan menemuan cita-cita/arah hidup sesuai dengan kehendak Allah, seperti terkandung dalam Sakramen Perkawinan dan sakramen Imamat sehingga berusaha mempersiapkan diri untuk mencapai cita-cita tersebut
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
PILIHAN  GANDA
40


C
MATERI POKOK
Panggilan Hidup sebagai Imam
RUMUSAN SOAL
syarat-syarat untuk menjadi seorang imam, adlah...
a.    menyelesaikan serjana umum
b.    berasal dari keluarga kaya
c.    hidup selibat
d.    harus mendapatkan gelar Serjana Agama
INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat menjadi imam

KOMPETENSI DASAR
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai perempuan/laki-laki dan dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam hidup sehari-hari
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
Uraian
41

MATERI POKOK
Perempuan ddan laki-laki sederajad
RUMUSAN SOAL
Perhatikan teks berikut!
Katekismus Gereja Katolik Artikel 369 :
Pria dan wanita diciptakan, artinya dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna di satu pihak sebagai pribadi manusia dan di lain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. “Kepriaan” dan “Kewanitaan” adalah sesuatu yang baik dan dikehendaki Allah: keduanya, pria dan wanita, memiliki martabat yang tidak dapat hilang, yang diberi kepada mereka langsung oleh Allah, Penciptanya. Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama “menurut citra Allah”. Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaikan Pencipta.
Jelaskan kesetaraan laki-laki dan perempuan berdasarkan artikel di atas!
Jawab
-      Pria dan wanita memiliki martabat yang tidak dapat hilang
-      Memiliki kesempurnaan sebagai pribadi
-      Laki-laki dan perempuan memiliki martabat yang sama di mata Allah
-      Mencerminkan kebaikan dan kebijaksanaan Pencipta

INDIKATOR
Jelaskan kesetaraan laki-laki dan perempuan berdasarkan Katekismus art.369

KOMPETENSI DASAR
Memahami dan menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan membela hidup manusia secara bertanggung jawab
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
Uraian
42

MATERI POKOK
Membela kehidupan
RUMUSAN SOAL
41.Sebutkan 3 cara yang dapat dilakukan untuk menghargai hidup?
Jawab :
Ø  Makan teratur
Ø  Menjaga pola makan/hidup
Ø  Tidak boros
Ø  Menjaga kesehatan


INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan cara yang dapat dilakukan untuk menghargai hidup?


KOMPETENSI DASAR
Menyadari pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
Uraian
43

MATERI POKOK
Mewujudkan kejujuran
RUMUSAN SOAL
perhatikan kutipan berikut
“ jika ya, hendalah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat ” (Mat 5:37)
Sebutkan dua usaha yang harus dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kutipan di atas.
1.   selalu mengatakan apa adanya
2.   menolak korupsi
3.   tidak berbohong
4.   berkata sesuai dengan realitas
5.   dll, jawaban dapat dikembangkat


INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan usaha-usaha yang dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran


KOMPETENSI DASAR
Memahami dan nebyadari bahwa penganut agama lain dan kepercayaan lain adalah sesama saudara, sehingga mereka berani dan mampu bersikap hormat dan bersahabat dengan mereka dalam hidup sehari-hari
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
Uraian
44

MATERI POKOK
Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
RUMUSAN SOAL
Yanto seorang siswa baru, yang beragama Islam dan bersekolah di Sekolah Katolik. Pada hari jumad pertama, ketika perayaan Ekaristi, teman-teman yang beragama Katolik menerima Komuni Kudus. Yanto juga turut serta menerima Komuni kudus. Melihat kejadian itu, salah seorang teman yang benama Agustinus menegur Yanto dan Yanto yidak terima baik dan terjadilah perselisihan. Solusi yang tepat untuk menangani hal ini adalah ...
Jawab
1.   Anak yang bersangkutan dipanggil dan diberi pemahaman bahwa komuni kudus hanya diperuntukan bagi orang katolik yang telah menyiapkan diri secara baik.
2.   Yanto dan Agustinus harus diberi pemahaman akan pentingnya saling menghargai antar umat beragama.
3.   Senantiasa mengingatkan kepada seluruh sisiwa khususnya siswa baru yang bukan beragama Katolik tentang tata perayaan Ekaristi.
4.   Guru Agama harus selalu memberikan pemahaman kepada semua siswa tentang makna dari Sakramen ekaristi bagi umat Katolik.

INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan usaha-usaha yang dilakukan untuk memupuk persaudaraan dengan sesama yang beragama lain





KOMPETENSI DASAR
Memahami dan nebyadari bahwa penganut agama lain dan kepercayaan lain adalah sesama saudara, sehingga mereka berani dan mampu bersikap hormat dan bersahabat dengan mereka dalam hidup sehari-hari
NOMOR SOAL
KUNCI JAWABAN
BENTUK SOAL
Uraian
45

MATERI POKOK
Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
RUMUSAN SOAL
Unitaris Redintegratio, Art 1(dalam hubungan dengan gereja lain)
“  Tidak sedikit pula upacar-upacara agama Kristen yang diselenggarakan oleh saudara saudari yang tercerai dari kita. Upacara-upcara itu dengan berbagai cara dan menurut bermacam ragam situasi masing-masing gereja dan jemaat sudah jelas memang dapat menyalurkan hidup rahmat yang sesungguhnya, dan harus diakui dapat membuka pintu memeasuki persekutuan keselamatan”.
Sebutkan paling kurang tiga sikap gereja Katolik terhadap gereja Kristen menurut Dokumen tersebut di atas berkaitan dengan gerakan Ekumenis untuk mendukung kesatuan umat Kristen.
1.   Pertemuan-pertemuan umat Kristen dari berbagai gereja atau jemaat, yang diselenggarakan dalam suasana Religius.
2.   Dialog antar para pakar yang kaya informasi, yang memberi ruang kepada setiap peserta untuk secara lebih mendalam menguraikan ajaran persekutuannya dan dengan jelas menyajikan corak cirinya.
3.   Menggalang kerja sama yang lebih luas lingkupnya dalam aneka usaha demi kesejahteraan umum menurut tuntutan suara hati Kristen.
4.   Dll, jawaban dapat di kembangkan

INDIKATOR
Siswa mampu menjelaskan sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain berdasarkan Unitaris Redintegratio, Art 1(dalam hubungan dengan gereja lain)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar